Kebidanan

Sejarah

Sejarah Perkembangan Prodi D III Kebidanan Banda Aceh

Prodi DIII Kebidanan Banda Aceh merupakan salah satu dari 4 prodi yang ada pada Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh. Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh diawal berdirinya tahun 1965 bernama Sekolah Bidan Roemah Sakit Oemoem. Tahun 1968 didirikan pula Sekolah Pengatur Rawat (SPR). Pada SPR tersebut siswanya terdiri dari laki dan perempuan, lulusan SMP dengan lama pendidikan 3 tahun. Pada masa pendidikan tahun kedua di SPR, siswa laki-laki tetap melanjutkan pendidikan SPR, siswa Perempuan dapat melanjutkan pendidikan disekolah bidan. Kepala Sekolah Bidan dan Kepala SPR dijabat oleh kepala Roemah Sakit Oemoem Atjeh yaitu dr. Zainoel Abidin. Pada saat itu kedua sekolah tersebut beserta rumah sakit umum beralokasi di kuta alam (RS Kesdam Sekarang).

Tahun 1970 Sekolah Bidan Roemah Sakit Oemoem dan SPR berubah nama menjadi SPKU (Sekolah Penjenang Kesehatan Umum).

Selanjutnya pada Tahun 1978 SPKU berubah nama menjadi SPK (Sekolah Perawat Kesehatan) Depkes RI Banda Aceh. Tahun 1981 Rumah Sakit Umum Banda Aceh pindah ke Lampriet (Lokasi Sekarang), demikian juga dengan SPK pindah ke Lampriet bersebelahan dengan RSU. Pada tahun tersebut juga (1981) SPK di pecah menjadi dua kelas yaitu kelas Pemda (Kelas A) dan Kelas Depkes (Kelas B).

SPK Depkes telah menjalankan dua Program Pendidikan Bidan, Pertama Program Pendidikan Bidan A (PBB-A) selama Satu Tahun dengan latar belakang SPK, kedua Program Pendidikan Bidan C (PBB-C) selama tiga Tahun dengan alatar belakang pendidikan SMP. Tahun 1997 SPK Depkes menyelenggarakan Program D-III Kebidanan sampai sekarang. Tahun 1997 SPK Depkes RI di konversi menjadi AKBID Depkes RI.

Pada 4 Juni 1997 Akademi Kebidanan Depkes RI Banda Aceh didirikan sesuai dengan SK Menteri Kesehatan RI No.HK.00.06.1.1.21. Tahun 2001 AKBID Depkes RI yang selanjutnya berubah nama menjadi Jurusan Kebidanan, bersatu dengan 4 Akademi Depkes lainnya   ( Akademi Keperawatan, Akademi Gizi, Akademi Kesehatan Gigi, Akademi Kesehatan Lingkungan) menjadi Politeknik Kesehatan Depkes RI Banda Aceh.

Sejak berdirinya Politeknik Kesehatan seluruh pegawai diberikan kesempatan untuk memilih status menjadi pegawai pusat, yang sebelumnya berstatus pegawai daerah, pegawai pusat (DPK) dan pegawai pusat yang diperbantukan (DPB).

Politeknik Kesehatan Depkes RI Banda Aceh kemudian berganti nama menjadi Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Aceh (Poltekkes Kemenkes Aceh) yang berada dibawah naungan PPSDM Kementerian Kesehatan Aceh yang berdiri pada 12 November 2001 sesuai SK Menteri Kesehatan No.1207/Menkes/SK/1/2001.

Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Aceh sampai saat ini terdiri dari empat prodi yaitu Prodi D-IV Kebidanan Banda Aceh, Prodi D-III Kebidanan Banda Aceh, Prodi D-III Kebidanan Meulaboh dan Prodi D-III Kebidanan Langsa.

Scroll to top